Evaluasi Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Pendidikan Karakter pada SMA 3 Muhammadiyah Jakarta

  • Connie Chairunnisa
Keywords: Evaluasi, Pengembangan Pendidikan Karakter,

Abstract

Kajian ini berangkat dari adanya masalah kekurang santunan siswa di sekolah yang akhir-akhir
ini menunjukkan peningkatan. Berdasarkan masalah yang dihadapi, kajian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauhmana kegiatan pemberdayaan telah dapat memberikan kontribusi positif
terhadap upaya-upaya SMA Muhammadiyah 3 Jakarta dalam membangun karakter siswa sesuai
visi dan misi sekolah. Dalam evaluasi ini digunakan metode goal attainment. yaitu, evaluasi
tingkat keberhasilan. Sejauh mana pelatihan telah memberikan kontribusi pada peningkatan
pemahaman para guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Berdasarkan hasil angket yang
disebarkan kepada seluruh peserta, ada15 peserta yang mengembalikan angket evaluasi. Secara
keseluruhan talah dikembangkan 16 butir angket informasi untuk diisi oleh setiap peserta. Dari
data yang diolah sebanyak 240 butir pertanyaan mengenai efektivitas pelaksanaan pelatihan yang
terbagi ke dalam 5 aspek evaluasi, menujukkan bahwa 12 atau 5% dari seluruh jawaban peserta
menyatakan bahwa pelatihan adalah sangat efektif, 182 atau 75,8% dari seluruh jawaban
menyatakan bahwa pelatihan adalah efektif, 45 atau 18,7% dari seluruh jawaban menyatakan
kurang efektif dan 1 atau 0% dari seluruh jawaban yang menyatakan pelatihan tidak efektif.

Published
2020-01-10
Section
Articles