Pelatihan Pengelolaan PAUD ‘Aisyiyah Berkualitas dan Berkemajuan di PD ‘Aisyiyah Jakarta Selatan

  • Chandrawaty
  • Khusniyati Masykuroh
Keywords: PAUD, ‘Aisyiyah, berkualitas, berkemajuan

Abstract

Standar Pendidikan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan kriteria minimal
yang harus dipenuhi oleh lembaga penyelenggara PAUD dan juga merupakan penjaminan mutu
layanan. Salah satu alat ukur penjaminan mutu PAUD adalah hasil penilaian akreditasi. Namun
berdasarkan observasi di lapangan, ditemukan bahwa dari 26 PAUD ‘Aisyiyah di bawah
pembinaan PD ‘Aisyiyah Jakarta Selatan, hanya 27% atau 7 PAUD yang memiliki sertifikat
Akreditasi yang valid dan masih berlaku, 30% atau 8 lembaga yang pernah mengikuti akreditasi
namun sudah kadaluwarsa dan belum akreditasi ulang, serta 43% atau 11 lembaga yang belum
pernah mengikuti akreditasi. Oleh karena itu tim pengabdi memberikan solusi dengan
memberikan pelatihan pengelolaan PAUD ‘Aisyiyah berkualitas dan berkemajuan. Tujuan dari
kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus PD ‘Aisyiyah dan
Kepala Sekolah TK ‘Aisyiyah dalam membangun PAUD berkualitas dan berkemajuan. Metode
yang digunakan adalah pelatihan pastisipatoris dengan ceramah, tanya jawab, praktek simulasi
lansung, sehingga peserta tidak hanya memahami teori tetapi juga praktek pembuatan program
pengelolaan PAUD. Hasil pelatihan menunjukkan : 1) Peningkatan pengetahuan peserta pelatihan
terhadap pentingnya pengelolaan PAUD ‘Aisyiyah yang berkualitas dan berkemajuan,; 2)
Peningkatan keterampilan para peserta pelatihan dalam menyusun program pengelolaan
lembaga; 3) Peningkatan kepercayaan diri peserta pelatihan dalam persiapan menghadapi
akreditasi lembaga.

Published
2020-01-10
Section
Articles