Pembinaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Mata Pelajaran Bahasa Inggris SDIT Al Khairaat Jakarta

Authors

  • Nita Kaniadewi UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
  • Fidaniar Tiarsiwi

Keywords:

kelompok kerja guru, mata pelajaran bahasa Inggris, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan keterampilan mengajar bahasa Inggris guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SDIT Al Khairaat Jakarta melalui kegiatan pembinaan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris SDIT Al Khairaat dan dilakukan dalam 10 sesi dalam kurun waktu 3 bulan (Februari s.d. April 2020). Fokus dari kegiatan ini dibedakan menjadi dua, yaitu pembinaan keterampilan berbahasa Inggris guru dan pembinaan keterampilan mengajar bahasa Inggris guru yang dilaksanakan secara bergantian. Tujuan dari pembinaan keterampilan berbahasa Inggris adalah meningkatkan kecakapan berbahasa Inggris guru. Adapun pembinaan keterampilan mengajar bahasa Inggris bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Hasil PKM ini memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada nilai keterampilan berbahasa Inggris guru, yaitu sebesar 41%. Dari segi keterampilan mengajar, guru juga memperlihatkan peningkatan kualitas di mana guru sudah mulai menggunakan monolingual (sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris) di dalam kelas, sekalipun kelas yang diajar adalah kelas 2. Guru juga sudah cukup baik dalam penggunaan media di mana guru menggunakan kombinasi antara kartu dan lagu. Selain itu, guru juga sudah cukup baik dari segi variasi kegiatan pembelajaran di mana guru sudah memanfaatkan kegiatan yang menyertakan unsur permaianan dalam melatih keterampilan berbicara siswa sehingga siswa tidak merasa bosan.

Downloads

Published

2020-11-16

Issue

Section

Articles