Pelatihan Model Pembelajaran HOTS Pada Guru SMK Muhammadiyah 6 Jakarta

Authors

  • Sintha Wahjusaputri University of Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Bunyamin Bunyamin

Keywords:

Pelatihan, Higher Order Thingking Skill (HOTS), SMK Muhammadiyah 6 Jakarta

Abstract

Kegiatan pelatihan dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan model pembelajaran HOTS di
Sekolah Menengah Kejuruan dalam setiap proses pembelajaran. Pengembangan tentang HOTS
saat ini menjadi pusat perhatian pendidikan dan pada bagian kurikulum telah bergeser pada
pengembangan berpikir HOTS. Kegiatan pelatihan dilakukan kepada guru-guru SMK
Muhammadiyah 6 Jakarta. Tujuannya agar mereka dapat memahami model pembelajaran HOTS
serta bagaimana menyusun soal HOTS sesuai dengan jurusan keahliaan siswa. Metode
pelaksanaan program menggunakan model Dick dan Carry, disesuaikan dengan kebutuhan guru
terdiri dari empat tahapan, yaitu: pengumpulan informasi kompetensi guru, pengenalan HOTS,
menyusun soal HOTS sesuai bidang keahlian guru dan menelaah soal-soal HOTS yang dihasilkan
oleh para guru. Kegiatan ini melibatkan dua dosen dan mahasiswa Sekolah Pascasarjana. Hasil dari
pelatihan ini menunjukkan bahwa semua peserta memahami model pembelajaran HOTS dan
berhasil menyusun soal HOTS sesuai dengan jurusan yang diampu. Selain itu, berdasarkan hasil
wawancara semua peserta menyatakan menyenangi kegiatan pelatihan yang dibawakan oleh Tim
Pengabdi. Salah satu rekomendasi dan komitmen bersama dari kepala sekolah SMK
Muhammadiyah dan para guru setelah kegiatan ini adalah dapat menerapkan model pembelajaran
HOTS pada setiap proses evaluasi pembelajaran.

Downloads

Published

2020-11-16

Issue

Section

Articles