Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas

  • Kusmajid Abdullah
  • Chairil Iba
  • Trisni Handayani
Keywords: Pelatihan, Penelitian TIndakan Kelas, Profesionalisme

Abstract

Kemampuan guru dalam meneliti masih sangat kurang terutama bagi guru yang sudah memasuki golongan  IV.  Banyak  faktor  yang  mempengaruhi  motivasi  guru  dalam  meneliti,  oleh  karena  itu perlu  adanya  pendampingan  dalam  membuat  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Sekolah  dasar Muhammadiyah  merupakan  sekolah  binanan  UHAMKA.  Berdasarkan  data  yang  ada  bahwa  hasil penelitian  guru  di  sekolah  tersebut  sangat  minimal.  Bahkan  dalam  1  tahun  belum  tentu  ada penelitian  yang  dapat  dihasilkan  oleh  guru  di  SD  Muhammadiyah.      Pendampingan  penelitian tindakan  kelas  (PTK)  merupakan  salah  satu  program  pengabdian  masyarakat  yang  harusnya dilakukan  oleh  dosen  sebagai  bagian  dari  pengembangan  ilmu  pengetahuna  dan  tekhnologi  yang harus  diterapkan  di  berbagai  sekolah  mitra  UHAMKA.  Dengan  pelatihan  ini  guru  termotivasi untuk malkukan penelitian minimal satu kali dalam satu tahun. Kegiatan ini butuh pendampingan berkelanjutan agar semangat guru terus terpacu untuk menjadi guru professional.

Published
2020-02-26
Section
Articles