Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Alat Peraga

  • Trisna Roy Pradipta
Keywords: Alat Peraga, Pelajaran Matematika

Abstract

Persepsi siswa terhadap pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit, membosankan, penuh angka dan perhitungan membingungkan sudah melekat pada diri siswa. Oleh karena itu, guru harus berupaya secara maksimal untuk lebih kreatif dalam proses belajar mengajar di kelas. Selain metode pembelajaran yang menarik, alat peraga juga perlu digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dan membuat siswa lebih mudah memahami dan tertarik pada kegiatan pembelajaran. Pola pikir siswa SD masih harus dihubungkan oleh benda-benda konkrit. Sehingga guru perlu menghubungkan setiap materi matematika dengan media pembelajaran yang berbasis matematika realistik. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, guru tidak hanya diberikan pemahaman teori terkait media pembelajaran berbasis matematika realistik tetapi guru juga melakukan workshop tentang cara membuat media dan LAS untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Published
2020-02-26
Section
Articles