Model Edukasi Perlindungan Anak Dari Kekerasan Seksual Melalui Kartu Bergambar Berbasis Perspektif Gender Di Kelurahan Cilandak Barat Jakarta Selatan

  • Susianty Selaras Ndari
  • Nida Nabilah
Keywords: model edukasi, perlindungan anak, kekerasan seksual, perspektif gender

Abstract

Tujuan Workshop Model Edukasi Perlindungan Anak Dari Kekerasan Melalui Kartu Bergambar berbasis Perspektif Gender Di Kelurahan Cilandak Barat Jakarta Selatan Jakarta Selatan adalah dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dan orangtua dalam menerapkan model edukasi perlindungan anak dari kekerasan seksual melalui kartu bergambar perspektif gender baik di rumah dan di sekolah. Meningkatnya kasus kekerasan pada anak dari tahun ke tahun masih didominasi kekerasan seksual dengan beragam kasus baik korban ataupin pelaku menimpa anak laki ataupun perempuan. Rendahnya pengetahuan orangtua dan masih tabunya pendidikan seksualitas pada anak menambah rentannya anak menjadi korban kekerasan seksual. Oleh sebab itu diperlukan sebuah model edukasi serta media yang efektif agar orangtua memiliki pengetahuan dan keterampilan memberikan Pendidikan seksualitas pada anak. Metode kegiatan pelatihan disusun oleh tim PKM UHAMKA melalui metode workshop. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan instrument penilaian pratest dan posttest. Hasil analisis  data menunjukkan terjadi perubahan pada kelompok sasaran dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan orangtua menerapkan pendidikan seksualitas pada anak melalui media kartu bergambar. Berdasarkan hasil tersebut dapat dimaknai bahwa model edukasi perlindungan anak dari kekerasan melalui kartu bergambar berbasis perspektif gender efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dan guru menerapkan pendidikan seksualitas pada anak di kelurahan cilandak barat jakarta selatan.

Published
2020-02-26
Section
Articles