Pelatihan Praktikum IPA SD Berbasis Keterampilan Proses Sains

  • Prima Mutia Sari
  • Rosi Feirina Ritonga
Keywords: Keterampilan Proses Sains, Praktikum ,Sekolah Dasar, Pelatihan

Abstract

Pembelajaran sains di SD sebaiknya lebih menekankan pada keterampilan proses sains melalui kegiatan praktikum. Akan tetapi guru-guru di SD Muhammadiyah 11 Jakarta TimurĀ  belum melakukan praktikum IPA di sekolah. Beberapa masalah yang dihadapi mitra adalah 80% guru belum memahami dan menguasai keterampilan proses sains serta pentingnya pelaksanaan praktikum dalam mata pelajaran IPA di SD dan prosedur pelaksanaan praktikum IPA di SD berbasis keterampilan proses sains. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian yang dilakukan menawarkan pelatihan yang komprehensif dimulai dari pemahaman tentang pentingnya praktikum IPA SD, keterampilan proses sains, demonstrasi beberapa contoh praktikum IPA SD sampai melakukan praktek langsung sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan. Ada empat hal yang diperoleh oleh peserta setelah diadakannya pelatihan ini yaitu a) Knowledge (Pengetahuan), setelah pelatihan terlihat bahwa peserta mendapatkan ilmu pengetahuan baru tentang pelaksanaan praktikum IPA SD, b) Skill (Kemampuan), peserta terlihat telah memiliki keterampilan untuk melakukan kegiatan praktikum IPA SD, c) Attitude (Perilaku), dari kegiatan praktikum yang dilakukan terbentuk sikap ilmiah dari peserta, d) Product (Produk), guru-guru SD memiliki panduan praktikum IPA berupa modul sederhana yang dapat dilaksanakan di SD. Kendala dalam kegiatan ini terkait dengan alokasi waktu dan peralatan yang digunakan.

Published
2020-02-26
Section
Articles