Pelatihan Literasi untuk Mengembangkan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAUD di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi

  • Khusniyati Masykuroh
  • Syarah Datul Hafizah
  • Nurani Fauziyah
Keywords: literasi, keprofesian berkelanjutan, guru PAUD

Abstract

Selain menjalankan tugas utamanya dalam merancang pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan mengevaluasi hasil belajar, guru harus secara melaksanakan  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Salah satu tugas penting untuk dilaksanakan guru di sekolah adalah membangun Gerakan Literasi Sekolah. Semua guru harus berkontribusi membangun budaya literasi sekolah dan menjadi model yang baik untuk peserta didik. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ketua Pusat Kerja Gugus PAUD Kecamatan Bekasi Utara, yang mempunyai anggota sebanyak 261 guru, belum pernah mendapatkan pelatihan mengenai literasi. Oleh karena itu tim pengabdi mengadakan Pelatihan Literasi untuk Mengembangkan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAUD Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang diikuti oleh 75 guru PAUD formal dan non formal di Kecamtana Bekasi Utara. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa: 1) Peserta mendapatkan pengetahuan mengetahui literasi, khususnya literasi baca tulis dan teknik penulisan buku cerita anak, syair, tepuk, dan best practice; 2) Peserta mendapatkan keterampilan melalui praktek menulis dengan benar sesuai kebutuhan untuk mendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagai seorang pendidik PAUD.

Published
2020-02-26
Section
Articles