Meningkatkan Membina Keluarga bahagia Melalui Ekpresi Senyum Positif di Kelurahan Padang Harapan Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu

  • Fatma Nofriza
  • Cici Yulia
Keywords: ekspresi senyum positif, komunikasi efektif

Abstract

Abstrak

Menjadi orangtua memilik tantangan tersendiri di era 4.0 ini. Sebahagian orangtua mengalami kesulitan untuk memberikan pendampingan, pola asuh sesuai dengan zamannya. Sering terjadi konflik antara anak dengan orangtua karena perbedaan keinginan anak dan orangtua yang tidak sejalan. Hal ini menimbulkan perasaan tidak bahagia ketika berperan menjadi orangtua .

Ketidakbahagian tersebut sebahagian besar berawal dari diri kita sendiri sebagai orangtua. Namun sebenarnya bahagia atau tidaknya dalam setiap masalah yang dihadapi termasuk dengan anak berawal dari cara dan strategi kita menyelesaikannya.  Pada kegiatan ini dilatihkan pada orangtua melalui dua startegi yaitu 1. Ekpresi senyum positif dan komunikasi efektif dengan anak. Membiasakan diri untuk selalu tersenyum dalam setiap berkomunikasi dengan anak merupakan kunci untuk membuat diri kita sebagai orangtua bahagia. Dari hasil pengolahan angket dapat digambarkan bahwa; pertama kegiatan cukup memberi manfaat. Hal ini terihat respon dari sebahagian besar orangtua yang cukup puas dengan terselenggaranaya bimbingan keluarga tersebut (65%). Mereka berharap ada kelanjutan dari kegiatan ini. Selanjutnya dari pertanyaan kedua bpk ibu membutuhkan informasi tentang sikap/cara menghadapi anak (70%). Dari isi angket tergambar bahwa sebahagian besar orangtua merasakan manfaat dari kegiatan yang dilakukan. Kesadaran dan pemahaman untuk terus belajar mengembangkan emosi positif melalui ekspresi senyum positif  perlu  untuk terus  dilatihkan.

Published
2020-02-26
Section
Articles